Baubau (ANTARA) - DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, bersama relawan Aku Sahabat Rakyat (ASR) memberikan bantuan kepada kaum duafa didaerah itu guna membantu meringankan beban dimasa pandemi COVID-19.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Baubau, Nasiru, di Baubau, Selasa, mengatakan bantuan dalam bentuk uang sebesar Rp100 ribu per orang kepada 60 warga di Lingkungan Batu Maali Kelurahan Baadia Kecamatan Murhum itu merupakan terdampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Hari ini kita memberdayakan kaum duafa walaupun ala kadarnya. Memang sebenarnya kami mau membagikan sembako, tetapi permintaan dari ibu-ibu ini bahwa jika bisa diuangkan saja, sehingga bisa dibelanjakan sesuai keinginan mereka seperti membeli ikan, beras, sayur mayur atau sesuai kehendak kebutuhannya. Sedang kalau sembako berarti terbatas, mungkin hanya beras, gula pasir, terigu, dan minyak goreng" ujarnya.

Nasiru yang juga Wakil Ketua DPRD Baubau mengatakan, bantuan yang diberikan utamanya pada buruh kebersihan, pedagang asongan di pelabuhan, dan buruh cuci rumah tangga itu karena mereka cukup kesulitan akibat tidak lagi bisa bekerja mencari nafkah seperti biasa akibat pandemi hingga diterapkannya PPKM.

"Oleh sebab itu kami lebih konsen ke mereka sehingga mereka bisa berdaya walaupun ini tidak seberapa. Dan mudah-mudahan dengan uang Rp100 ribu ini bisa digunakan untuk membeli sesuai keinginannya mereka," ujarnya.

Selain di wilayah Lingkungan Batu Maali Kelurahan Baadia, kata dia, juga akan membagikan bantuan kepada kaum duafa berikutnya diwilayah lainnya seperti di Kecamatan Betoambari dan Kokalukuna dengan terlebih dahulu akan dilakukan pendataan dengan mengoordinasikan pada kelurahan dan kepala-kepala lingkungan setempat.

"Selesai ini kita juga akan konsen dan coba dititik wilayah lain. Kita berikan pada kaum duafa yang sama tidak mampu dan memang terbatas dengan adanya pandemi COVID-19 dan PPKM," ujarnya.

Sebelumnya pula, Ia menambahkan bahwa DPC dan DPD Gerindra bersama ASR juga telah membagikan daging kurban sebanyak 3 ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hirjiah/2021 Masehi.

"Alhamdullilah walaupun tidak banyak, kita juga telah berbagi daging kurban pada Idul Adha kemarin," imbuh Nasiru.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024