Kendari (ANTARA) - Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) ikut berpartisipasi pada kegiatan Sultra ekspo 2021 dengan menampilkan berbagai produk UMKM setempat.

Kegiatan ekspo dalam rangkaian Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) VIII yang dilaksanakan di Kota Kendari   itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Hj Nur Endang Abbas, di pelataran Claro hotel Kendari, Selasa.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 2 Juli 2021 itu diikuti Dekranasda kabupaten/kota se-Sultra.

Dekranasda Kabupaten Buton Selatan yang dibina Wa Ode Ruhaniah Arusani menggangkat produk unggulan Kopi Rongi  Kecamatan Sampolawa pada kegiatan ekspo tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, di Baubau, Rabu, produk UMKM yang ditampilkan bertujuan memperkenalkan cita rasa khas kopi lokal yang sangat khas dan nikmat asal daerah itu.

"Kita harapkan produk kita seperti kopi ini tidak hanya dirasakan didaerah kita, tapi bisa dinikmati semua pecinta minuman  kopi," ujarnya.

Wa Ode Ruhaniah yang merupakan isteri bupati Arusani mengatakan kegiatan ekspo dengan menampilkan produk-produk UMKM juga sebagai upaya pemerintah mendorong pelaku usaha yang digelutinya dalam meningkatkan pendapatan.

Pada kesempatan itu, Sekda Provinsi Sultra saat berkunjung ke stand pameran berkenan secara langsung mencicipi dan mengapresiasi cita rasa kopi rongi dan produk olahan tepung mocaf kaopiku berupa aneka kue.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024