Kendari (ANTARA) - Petugas SAR masih mencari dua warga yang dilaporkan tenggelam setelah perahu yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan di Danau Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, pada Minggu (6/6) malam.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari Aris Sofingi di Kendari, Senin, mengatakan bahwa pada Minggu (6/6) malam satu perahu yang membawa lima orang terbalik di Danau Towuti. 

Lima penumpang perahu nahas itu merupakan satu keluarga warga Desa Lioka, Kecamatan Towuti.

Menurut Aris, tiga dari penumpang perahu itu ditemukan selamat, yakni Herunisa (15), Andang (18), dan Parul (19). Petugas SAR masih mencari dua penumpang perahu yang lain, Islahudin (69) dan Ishar (35).

Upaya pencarian melibatkan petugas SAR Sorowako, tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur, PMI Luwu Timur, Mori Diving Club, ERG PT Vale, Polsek Towuti, Babinsa Towuti, Pos Angkatan Laut Luwu Timur, dan warga setempat.

Tim pencari dibagi menjadi tiga kelompok. Satu tim menggunakan tiga perahu karet untuk melakukan penyisiran ke arah timur dari perkiraan lokasi kejadian kecelakaan (LKK) hingga radius 15 km.

Satu tim lagi menggunakan dua perahu karet untuk melakukan penyisiran ke arah utara dari perkiraan lokasi kejadian kecelakaanhingga radius 10 km.

"Selanjutnya, tim tiga dari masyarakat nelayan dengan menggunakan tujuh buah longboat (perahu panjang) menyisir arah selatan hingga tenggara dari perkiraan LKK dengan radius sejauh 10 km," kata Aris.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari menerima laporan mengenai kecelakaan perahu di Danau Towuti pada Minggu (6/6) malam pukul 22.25 Wita dari Kepala Desa Loeha, Kabupaten Luwu Timur.

Menurut laporan dari kepala desa yang bernama Salim, pada Minggu pukul 19.00 Wita satu perahu yang membawa lima orang terbalik di Danau Towuti dan baru tiga dari lima penumpang perahu yang ditemukan.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024