Baubau (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Baubau, Dr Roni Muhtar melakukan inspeksi mendadak pada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) guna memastikan kehadiran seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemkot daerah itu usai libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah , Senin.

"Alhamdulillah saya melihat langsung semua ASN hadir dan masuk kantor mulai hari ini dan ini membahagiakan,” ujarnya.

Menurut Sekda Roni, Sidak yang dilakukannya kali ini menyisir tiga OPD sebagai sampel yakni Dinas Kesehatan, Perhubungan dan Dinas Kominfo, yang kebetulan jarak ketiganya berdekatan.

"Alhamdulilah dari ketiga dinas itu ASN hadir, dimana untuk yang di rumah sakit, tadi saya lihat langsung aktivitas pelayanan utamanya terkait dengan pelayanan COVID-19. Kemudian, di dinas perhubungan, dikarenakan ada beberapa yang tugas lapangan tetapi laporan dari Kadis setelah datang pagi di kantor terus kemudian menyebar melaksanakan tugas di lapangan. Demikian pula dengan yang di  Dinas Kominfo," katanya.

Menurut dia,  kehadiran ASN pada tiga dinas tersebut tentunya sudah bisa menjadi gambaran bahwa ASN Kota Baubau sangat tertib dan patuh terhadap surat edaran pemerintah pusat dalam hal ini Menpan RB . 

Jenderal ASN Pemkot Baubau ini memastikan bila seluruh aktivitas ASN pascalebaran Idul Fitri akan kembali normal. Bahkan, pada  saat di sekretariat daerah (Setda) dirinya langsung memimpin apel dan tentu diselenggarakan mengacu pada protokol kesehatan yang paling utama meskipun  kewajiban sebagai ASN harus terlaksana. 

Terkait untuk peningkatan kinerja, Roni Muhtar mengakui jika Pemkot Baubau sudah punya aplikasi yang dinamakan Sipolima yang saat ini sudah dipakai walaupun masih butuh beberapa pembenahan sistimnya. Akan tetapi paling tidak, sebagai pijakan awal ini sudah menjadi dasar untuk menentukan bahwa ASN Baubau itu telah bekerja sesuai porsinya. 

Kemudian, tentu akan diikuti dengan pengawasan yang dilakukan dari tingkat OPD sampai ke bawahnya. Sehingga ke depan apa yang ada di aplikasi Sipolima akan terus disempurnakan sebab harapannya ada koneksi antara apa yang dilakukan hasil pengamatan, pendataan untuk basis data tentang kehadiran ASN dengan mengukur kinerjanya dan nanti dihubungkan dengan tindakan-tindakan baik itu sifatnya punishment maupun reward. 

“Nanti akan dilakukan supaya tidak ada kekagetan dari ASN tiba-tiba ada punihsmentnya. Kita masih melakukan pengontrolan pengawasan tidak hanya Sipolima tapi masih juga secara manual dilakukan. Belum sepenuhnya menggunakan ini secara khusus tapi kita mengarah kesana,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kadis Kominfo Kota Baubau La Ode Darussalam menyambut baik dengan Sidak yang dilakukan oleh Sekda Kota Baubau yang tentunya menjadi pemicu semangat untuk memacu kinerja ASN menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024