Kolaka (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, tetap membuka objek wisata yang ada di daerah itu dengan protokol kesehatan ketat guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Kepala Dinas Pariwisata Zulkarnain yang dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Selasa, mengatakan pihaknya tetap membuka objek wisata namun harus mengikuti protokol kesehatan.

"Masyarakat kita butuh liburan untuk merayakan Lebaran sehingga objek wisata tetap dibuka," katanya.

Menurut dia, semua pengelola objek wisata harus menyiapkan tempat cuci tangan serta mengingatkan pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Pemerintah, lanjut Zulkarnain, juga telah melayangkan surat kepada pengelola wisata selain berisi imbauan penerapan protokol kesehatan juga diperbolehkan menerima pengujung hanya 50 persen dari kapasitas objek wisata.

"Di area beberapa lokasi wisata kita juga sudah membentuk tim terpadu untuk melakukan pengawasan untuk menghindari lonjakan pengunjung," jelas Zulkarnain.

Beberapa lokasi wisata yang ada di Kabupaten Kolaka di antaranya Sungai Tamborasi yang berada di Kecamatan Iwoimendaa, pemandian air panas Kekea di Kecamatan Latambaga, Pantai Kayu Angin, dan Pantai Kapu yang berada di Kecamatan Samaturu.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024