Baubau (ANTARA) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, melalui Dinas Lingkungan Hidup memberikan tunjungan hari raya dan beras kepada petugas kebersihan guna membantu pemenuhan kebutuhan pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Sekretaris Kota Baubau, Dr Roni Muhtar, di Baubau, Jumat, mengatakan, pembagian bantuan kepada "pasukan kuning" itu merupakan hasil donasi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah itu yang dikoordinir pihaknya.

"Ini dananya dari sumbangsi ASN semua, mulai dari pimpinannya sampai dengan unsur-unsur dibawahnya. Ini inspirasi yang dibumikan oleh Bapak Walikota kita dan saya sebagai Sekda mencoba menangkap itu kemudian mencoba memfasilitasi sehingga hasilnya seperti ini," ujarnya.

Ia mengatakan, besaran pendapatan petugas kebersihan harus terus dievaluasi dan disesuaikan dengan tingkat kesulitan pemenuhan kebutuhan didaerah itu, sehingga bila misalnya terjadi suatu inflasi akan selalu selaras dengan kemampuan daya beli masyarakat.

"Walaupun belum lama dinaikkan (upah petugas kebersihan) tapi berkomitmen dalam masa mendatang juga akan tingkatkan dengan catatan kondisi keuangan kita memadai," ujar Sekda Roni Muhtar.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Baubau, Ibnu Wahid mengatakan, selain bantuan beras ukuran 5kg yang diterima oleh sebanyak 360 orang petugas kebersihan itu,  juga pembagian takjil buka puasa. 

"Kita berharap semoga ini dapat bermanfaat dengan tidak melihat nilainya," ujar Ibnu Wahid yang juga menjabat Asisten II Setda Pemkot Baubau ini. 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024