Kendari (ANTARA) - Jajaran Lanud Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara menggelar bakti sosial berupa donor darah guna membantu memenuhi stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) setempat yang semakin menipis di tengah pandemi COVID-19.

Berdasarkan siaran pers Lanud Haluoleo yang diterima ANTARA di Kendari, Rabu, donor darah tersebut dilakukan di gedung VIP Silondae Lanud Haluoleo yang dihadiri Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb Muzafar dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.8/D. II Lanud Haluoleo Fitriah Muzafar.

Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb Muzafar mengatakan donor darah tersebut dilakukan dalam rangka menyambut HUT Ke-75 TNI AU pada 9 April 2021.

"Dalam perayaan HUT TNI AU ke-75 kami mengangkat tema 'Dilandasi jiwa kesatria, militan, loyal, dan profesional TNI Angkatan Udara siap mendukung percepatan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional'," kata dia.

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan oleh Seksi Kesehatan Lanud Haluoleo yang bersinergi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).
  Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb Muzafar saat melakukan kegiatan donor darah, Rabu (7/4/2021). (ANTARA/HO-Humas Lanud Haluoleo)


Ia mengatakan donor darah wujud serta kepedulian yang harus dipertahankan dalam menumbuhkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia karena dapat memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan.

"Dari setitik darah yang didonorkan dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain," ujar Muzafar.

Sebanyak 75 kantong darah berhasil terkumpul dari peserta donor darah terdiri atas personel perwira, bintara, tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanud Haluoleo. Selain itu, tamu undangan pendonor dari jajaran satuan samping, di antaranya Lanal Kendari, Brimobda Sultra, UPBU Haluoleo, Airnav Kendari, serta para ibu pengurus PIA Ardhya Garini Cab.8/D.ll Lanud Haluoleo.

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19, yakni menggunakan masker, jaga jarak, dan menggunakan penyanitasi tangan sebelum dan sesudah memasuki tempat pelaksanaan donor darah.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024