Kendari (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara mendorong pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) unit pelaksana teknis daerah (UPTD) di daerah tersebut guna melatih calon tenaga kerja agar terampil dan kompeten.

Anggota Komisi III DPRD Muna Barat Rahmat di Kendari, Sabtu, mengatakan peningkatan SDM merupakan bagian penting yang perlu dilakukan pihaknya dalam mendukung pembangunan daerah dan memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam.

"Untuk menunjang pengelolaan sumber daya alam kita yang cukup baik, diperlukan SDM yang kompeten dan atas dasar itu pula kami ke BLK Kendari," kata Rahmat saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke BLK Kendari.

Kunjungan kerja yang dilakukan pihaknya disambut Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha BLK Kendari Mukasir dan Sub Koordinator Pemberdayaan BLK Kendari Nurjayanti, mewakili Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu yang sedang melaksanakan tugas perjalanan dinas ke Kabupaten Buton.

Rahmat menyampaikan bahwa kunker pihaknya ke BLK Kendari ingin mempelajari dan melihat langsung bagaimana proses pembelajaran atau peningkatan SDM yang dilakukan balai tersebut sehingga bisa diterapkan di Kabupaten Muna Barat.

"Alhamdulillah, dengan ini kami semakin mantap untuk melakukan kerja sama dengan BLK Kendari terkait peningkatan SDM di Mubar, sekaligus mengupayakan pembangunan BLK unit pelaksana teknis daerah (UPTD) di sana," ujarnya.

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya dari Kendari mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung jika Pemkab dan DPRD Muna Barat akan membangun BLK UPTD di kabupaten tersebut.

Pihaknya mengaku akan dukung pembangunan BLK UPTD Mubar, baik dari segi pembinaan instrukturnya, materi dan program pelatihannya termasuk dana pelatihannya akan diusulkan pihaknya kepada Ditjen Binalattas untuk kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK UPTD Mubar nantinya.

"BLK UPTD itu kan di bawah Dinas Naker Pemkab yang bersangkutan, dan BLK UPTD adalah Binaan BLK Kendari sebagai BLK pembina seluruh BLK UPTD se-Sultra. Tentu kami sangat senang bila Pemkab dan DPRD Muna Barat akan bangun BLK UPTD di daerah setempat," kata Polondu.

Kasubag TU BLK Kendari Mukasir mengatakan pihaknya sangat mendukung pembangunan BLK UPTD di Mubar karena nantinya akan sangat membantu dalam proses peningkatan SDM, sekaligus menyiapkan kompetensi angkatan kerja.

"Ini adalah upaya untuk meminimalisir angka pengangguran, dimana dengan keterampilan yang didapat dari pelatihan mereka bisa memperluas peluang mendapatkan kerja atau membuka lapangan kerja secara mandiri," tutupnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024