Kolaka (ANTARA) - Petugas Penyuluh pertanian dan masyarakat Kelurahan Tonganapo Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka, Sultra, melakukan penyemprotan tanaman padi yang terserang hama penggerek batang, Jumat.

Salah satu penyuluh pertanian di Kelurahan Tonganapo,Popalayah mengatakan pihaknya dan masyarakat setempat bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura melakukan penyemprotan padi yang terkena hama beberapa waktu lalu.

" Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura memberikan bantuan racun kepada petani sehingga kita bersama-sama melakukan penyemprotan padi yang terkena hama ," katanya.

Menurutnya sehari setelah tanaman padi warga terserang hama penggerek batang kordinator pengamat hama langsung meninjau lokasi tanaman padi petani yang terserang hama.

Sehingga kata dia pihak dinas tanaman pangan memberikan pestisida kepada petani guna melakukan pengendalian hama dan penyakit khususnya tanaman padi di keluarah Tonganapo dan desa Wowa Tamboli.

" Ini sebagai tindak lanjut laporan petani kepada dinas tanaman pangan terkait serangan hama penggerek batang terhadap tanaman padi petani," ungkap Popalayah. 

Baca juga: 35 hektare sawah warga Samaturu diserang hama

Sebelumnya puluhan hektar tanaman padi sawah yang baru berusia satu bulan milik warga kecamatan Samaturu terserang hama penggerek batang akibat intensitas hujan yang tinggi serta pola tanam yang tidak merata. 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024