Kendari (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis bahwa inflasi gabungan pada dua kota di Sultra pada bulan Januari tahun 2021 tercatat sebesar minus 0,39 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 104,74.

Kepala BPS Sultra Agnes Widiastuti melalui virtual, Senin, mengatakan Kota Kendari mengalami deflasi sebesar 0,24 persen sedangkan Kota Baubau mengalami deflasi sebesar 0,92 persen dengan IHK masing-masing sebesar 105,03 dan 103,86.

Deflasi terjadi karena penurunan indeks harga pada kelompok transportasi sebesar 1,56 persen, kelompok pakaian dan alas kaki 0,57 persen, kelompok makanan, minuman dan tembakau 0,36 persen dan kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,27 persen, pada kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga 0,05 persen.

Kelompok yang mengalami kenaikan indeks yaitu kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,19 persen, kelompok kesehatan 0,12 persen, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya 0,01 persen; serta kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,002 persen.

Sedangkan kelompok pendidikan dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran tidak mengalami perubahan atau elatif stabil.

Agnes menambahkan adapun komoditas yang memberikan sumbangan deflasi antara lain angkutan udara, ikan kembung/ikan gembung/ ikan banyar/ ikan gembolo/ikan aso-aso, daun kelor, bawang merah, dan ikan katamba.

Komoditas yang memberikan sumbangan inflasi antara lain cabai rawit, ikan layang, mobil, ikan selar, dan daging ayam ras.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024