Baubau (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menyebutkan pembangunan patung pahlawan nasional Oputa Yi Koo atau Sultan Himayatuddin Muhamad Saidi yang akan didirikan di Baubau telah dianggarkan dan sementara di desain. 

"Kita berdoa dan masyarakat juga berdoa karena ini untuk kepentingan anak bangsa khususnya kita putra putri Sulawesi Tenggara ini menjadi kebanggaan kita," ujar Ali Mazi saat melakukan kunjungan kerja di Baubau, Sabtu.

Ia mengatakan, pembangunan patung pahlawan nasional Oputa Yi Koo yang direncanakan di kotamara Baubau masih akan dilihat juga karena harus ada estetikanya sebab akan menjadi ikon daerah juga tempat berkunjung masyarakat dalam negeri maupun dari luar negeri. 

"Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda kita abadikan dengan patung lalu kita akan jadikan ikon. Nanti juga akan ada museum, itu museum tentang sejarah Buton," ujarnya. 
  Gubernur Sultra Ali Mazi meninjau lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan patung pahlawan nasional Oputa Yi Koo, dikotamara Baubau, Sabtu. (Foto Antara/Yusran)
Diungkapkan, pengusulan Oputa Yi Koo menjadi pahlawan nasional telah cukup lama kurang lebih 23 tahun lalu, hal itu karena tidak mudahnya mendapatkan gelar sebagai pahlawan nasional. 

"Itu pembuktiannya betul-betul sangat luar biasa. Masih banyak pahlawan nasional yang belum disahkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, ini menjadi kebanggaan kita khususnya putra putri Sulawesi Tenggara," ujarnya.

Ia menyebutkan perjuangan Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi dengan beberapa pasukan yang setia dalam berjuang melawan Belanda dengan bambu runcing hingga bergerilya di hutan perlu disaluti.

"Oleh karena itu pemerintah memberikan penghargaan sebagai pahlawan nasional, karena kegigihannya pada waktu itu dalam melawan Belanda karena dia tidak ingin dijajah dia memisahkan diri dan melawan," ujarnya.

Dalam kunjungan kerja bersama rombongan di Kota Baubau, Gubernur Ali Mazi juga berkesempatan ke bendara Baubau terkait pengembangan kawasan bandara Betoambari daerah itu. Kemudian melanjutan kunjungan ke Pasarwajo Kabupaten Buton.

Dalam kunjungan di Baubau, gubernur Ali Mazi diterima Walikota Baubau AS Tamrin, Wakil Walikota La Ode Ahmad Monianse, Ketua DPRD Zahari, Sekda Baubau Roni Muhtar dan sejumlah kepala organsisasi perangkat daerah lingkup Pemkot Baubau.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024