Kendari (ANTARA) - Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari memberikan bantuan asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) kepada lansia yang ada di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara dalam memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2020.

Rilis Minaula Kendari, yang diterima, Senin, menyebutkan selain dari Loka Lansia Minaula, bantuan juga berasal dari Balai/Loka di lingkungan Kementerian Sosial lainnya, seperti Balai Disabilitas, Balai Anak, Balai HIV, Balai Napza dan Balai Lansia.

Penyerahan pertama kali diserahkan secara simbolis oleh Menteri Sosial Ad Interim RI, Muhadjir Effendy kepada perwakilan lembaga kesejahteraan sosial (LKS) di Balai Netra "Tumotou" Manado.

Pada hari yang sama, Loka Lansia Minaula Kendari juga memberikan alat bantu aksesibilitas yang disalurkan kepada lansia binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usi (LKS LU) Damai dan Ina 2 Manado. Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Loka Lansia Minaula Kendari, Syamsuddin.

Syamsuddin mengatakan HKSN merupakan momentum membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya penghargaan kepada lansia.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya juga akan terus berupaya untuk membangun kemitraan dan partisipasi masyarakat dalam melayani lansia, baik di komunitas maupun dalam keluarga. 

"Sejak tahun 2019 sampai saat ini, kami telah berhasil mendorong terbentuknya lebih dari 100 LKS baru di delapan provinsi jangkauan, dan kami senantiasa melakukan pembinaan agar mereka mampu memberikan pelayanan yang profesional, terakreditasi dan memberikan dampak di masyarakat," katanya.

Menurutnya, keberadaan LKS saat ini sangat dirasakan perannya oleh para lansia, terlebih pada saat di masa pandemi COVID-19, utamanya dalam memberikan layanan dan membangun kepedulian sosial di masyarakat.

"Lansia merupakan kelompok umur yang rentan, sehingga harus ada edukasi yang sampai kepada lansia tentang cara pencegahannya. Selama ini LKS telah mampu menjalankan peran tersebut dengan sangat baik," pungkasnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024