Kendari (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan pasien sembuh dari virus corona di daerah itu menjadi 5.533 orang per 1 Desember 2020.

Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Sultra La Ode Rabiul Awal di Kendari, Selasa, mengatakan pasien sembuh hari ini tercatat 104 orang berasal dari empat daerah.

"Data pasien sembuh hari ini dari Kabupaten Bombana empat orang, Buton Tengah tiga orang, Muna satu orang, dan Kota Kendari sebanyak 96 orang," kata Rabiul.

Rabiul juga menyampaikan telah terjadi penambahan kasus positif baru, tercatat 90 orang, sehingga total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Sulawesi Tenggara menjadi 6.592 orang.

Kasus positif baru hari ini berasal dari masing-masing satu orang dari Kabupaten Buton Utara, Muna Barat, Kolaka Timur, Buton, Buton Selatan, dan Kolaka Timur. Kemudian Bombana dan Konawe Selatan masing-masing dua orang.

Selanjutnya, masing-masing tiga orang dari Konawe, dan Buton Tengah. Berikutnya, Kendari bertambah 34 orang, Kolaka 14 orang, Baubau 10 orang, dan Konawe Utara 16 orang.

Ia menyampaikan untuk data pasien meninggal ada penambahan satu orang perempuan (53) asal Buton Utara, sehingga pasien meninggal akibat COVID-19 di Sulawesi Tenggara sebanyak 107 orang.

"Untuk pasien meninggal tidak ada penambahan tetap sebanyak 107 orang," ujar Rabiul.

Pria yang akrab disapa Dokter Wayong ini mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 di Sulawesi Tenggara masih terjadi, sehingga ia meminta kepada seluruh masyarakat agar miliki kesadaran tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan, utamanya memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan ketika menjalani aktivitas produktif.

"Tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang tinggi harus dimiliki oleh seluruh masyarakat, kita juga harus gencar melakukan sosialisasi, edukasi pencegahan maupun deteksi dini terhadap pandemi COVID-19 ini, sehingga kita bisa menekan angka kasus kita," pungkas Wayong.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024