Kendari (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan pasien sembuh dari virus corona di daerah itu menjadi 5.310 orang per 29 November 2020.

Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Sultra La Ode Rabiul Awal di Kendari, Minggu mengatakan pasien sembuh tercatat bertambah dua orang, berasal dari Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

"Data kasus COVID-19 hari ini, pasien sembuh hanya dua orang dari Konawe Selatan, sementara kasus positif baru lebih banyak, yaitu 65 orang, sehingga total kasus konfirmasi positif COVID-19 menjadi 6.501 orang," katanya.

Sebaran kasus positif baru ini, katanya, masing-masing satu orang dari Kota Baubau, Kabupaten Buton Selatan, Kolaka Timur dan Konawe. Kemudian Kendari 30 orang, Konawe Utara dua orang, Kolaka dan Bombana masing-masing 11 orang, Muna empat orang, dan Konawe Selatan tiga orang.

Ia menyampaikan untuk data pasien meninggal juga ada tambahan tiga orang, laki-laki (27) asal Kendari, laki-laki (64) asal Kabupaten Muna dan seorang anak balita usia 4 tahun asal Konawe Selatan, sehingga pasien meninggal akibat COVID-19 di Sulawesi Tenggara sebanyak 106 orang.

"Untuk pasien yang tengah menjalani isolasi dan karantina sebanyak 1.085 orang bertambah dari hari sebelumnya 1.025 orang," ujar Rabiul.

Pria yang akrab disapa Dokter Wayong ini mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 di Sulawesi Tenggara masih terjadi, sehingga ia meminta kepada seluruh masyarakat agar memiliki kesadaran tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan, utamanya memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan ketika menjalani aktivitas produktif.

"Tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang tinggi harus dimiliki oleh seluruh masyarakat, kita juga harus gencar melakukan sosialisasi, edukasi pencegahan maupun deteksi dini terhadap pandemi COVID-19 ini, sehingga kita bisa menekan angka kasus kita," ujar Wayong.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024