Kolaka (ANTARA) - Sebanyak 14 mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara, mengikuti "Capping Day" di Auditorium kampus itu, Rabu.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan USN Kolaka, Ahmad Lamo Said saat mengikuti kegiatan itu mengatakan mahasiswa keperawatan diminta untuk menjaga ikrar dan nama baik kampus USN.

Selain itu, kata dia, mahasiswa harus menunjukkan sikap dan penampilan baik serta ramah kepada pasien saat melaksanakan praktik lapangan di rumah sakit dan puskesmas.

Sementara Ketua Program Studi Keperawatan, Rosani Naim menjelaskan "capping day" merupakan pengucapan ikrar janji atau sumpah mahasiswa perawat untuk menjunjung tinggi etika dan tanggung jawab profesi perawat.

"Ini menjadi simbol bahwa mahasiswa siap terjun mengaplikasikan ilmu keperawatannya di tengah masyarakat dan kegiatan ini wajib diikuti setiap mahasiswa keperawatan," katanya.

Senada dengan itu ketua DPD PPNI Kolaka,Hasimin berharap mahasiswa dalam melakukan praktek lapangan berpegang pada nilai-nilai keperawatan serta sopan santun.

"Pelaksanaan capping day ini cuma satu kali saja untuk seluruh praktik yang dilakukan mahasiswa selama berkuliah," jelasnya.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPNI Sultra, Herianto, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Rina Rembah, serta beberapa pejabat dan dosen lingkup USN.
 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024