Buranga (ANTARA) - Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), telah melakukan kegiatan edukasi atau pembinaan terhadap para kader bina keluarga remaja (BKR) di Kampung KB berkualitas di Kantor Desa Laangke, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara, Senin.

Kegiatan yang diikuti 27 peserta dari kader BKR dan anggota BKR, PKB, kader PPKBD dibuka oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Buton Utara, Syarif SKM dan dihadiri Kepala BKKBN Sultra, Asmar.

Syarif mengatakan, BKR merupakan program strategis dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia para generasi muda yang berkualitas dalam lingkungan masyarakat.

"Remaja ini harus dikelola dengan baik dalam rangka menghadapi bonus demografi agar bisa memberikan manfaat terhadap masyarakat dan daerah," katanya.

Dikatakan, BKR juga merupakan upaya meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan orang tua dan anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang anak dan remaja secara seimbang.

"Pembinaan tumbuh kembang anak yang dimaksud adalah dengan cara komunikasi efektif antara orang tua dan anak remaja, baik secara fisik, intelektual, kesehatan reproduksi, mental emosional, sosial dan moral spiritual," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Sultra, Asmar, mengatakan pembinaan bagi remaja sangat penting karena permasalahan yang dihadapi para remaja saat ini cukup kompleks dan BKKBN melakukan intervensi melalui program BKR.

"Sasaran program ini ditujukan bagi keluarga yang memiliki anak remaja sebagai wadah dan sumber informasi bagi orangtua untuk memperoleh pengetahuan tentang remaja," katanya.

Dijelaskan, Remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Remaja menurut BKKBN adalah penduduk laki-laki atau perempuan yang berusia 10-24 tahun dan belum menikah.

"Remaja sangat rentan terhadap sex bebas, narkoba karena ketidaktahuan mereka akan resiko yang diakibatkan oleh hal tersebut," katanya.

Untuk itu, Asmar berpesan orang tua bisa memberikan bimbingan dan pembinaan terhadap para remaja yang sangat menentukan bagi kehidupan masa depan mereka selanjutnya,dan akan menjadi generasi penerus bangsa.


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024