Baubau (ANTARA) - Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menyebutkan dalam profesi petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan terkandung nilai sosial kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa raga serta harta benda masyarakat. 

"Petugas pemadam kebakaran memiliki kebanggaan akan prestasi yang sudah ditekuni sekarang ini. Prestasi yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan," ujar Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, dalam sambutannya mewakili Wali Kota Baubau AS Tamrin, pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Anggota Damkar dan Penyelamatan Baubau, di Baubau, Senin. 

La Ode Monianse mengatakan, dengan tuntutan peningkatan layanan publik yang cepat dan tepat, sebagai anggota pemadam kebakaran dapat melihat dan menjawab tantangan ini demi tercapainya rasa aman dan tentram sebagaimana tujuan pemerintahan "Tampil Manis". 

Oleh karena itu, lanjut dia, Dinas Pemadam Kebakaran dapat mengambil langkah-langkah salah satunya peningkatan sumber daya manusia seperti kegiatan yang laksanakan saat ini yang tentunya dapat dibarengi dengan sarana dan prasarana memadai. 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah-langkah dalam mewujudkan tercapainya peningkatan pelayanan dasar terutama dibidang pemadam kebakaran," ujar Wakil Walikota Baubau. 

Lebih lanjut menurutnya, memiliki pengetahuan dan keahian yang handal bukanlah jaminan utama bagi seseorang anggota Damkar, akan tetapi keberhasilan terletak pada sikap saling menjaga kekompakan dan solidaritas antarsesama personel Damkar sangat menentukan kualitas kerja dilapangan. 

Kata dia, kebakaran di Kota Baubau dari tahun ke tahun terus meningkat. Berapa kejadian kebakaran dapat kita jadikan sebagai langkah-langkah dalam evaluasi kerja bagi anggota Damkar dilapangan baik dalam hal investigasi maupun evaluasi dalam penanganannya. 

"Oleh karena itu, saya mengharapkan agar seluruh peserta pelatihan sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini. Saya berpesan bekerjalah dengan baik, terus lebih meningkatkan pelayanan dengan sebaik-baiknya dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran di kota tercinta kita ini dengan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Baubau secara keseluruhan," ujarnya. 

Kegiatan pendidikan dan pelatihan anggota pemadam kebakaran dan penyelamatan yang diikuti sebanyak 80 orang anggota Damkar itu, juga dilakukan penyematan tanda secara simbolis kepada anggota pelatihan.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024