Kendari (ANTARA) - Kementerian Perhubungan akan membangun tiga proyek infrastruktur pelabuhan di Propinsi Sulawesi Tenggara mulai akhir tahun 2020.

Ketigai infrastruktur transportasi tersebut adalah terminal pelabuhan tipe A Puuwatu di Kota Kendari, pelabuhan penyeberangan Kaledupa, Tomia dan Binongko di Kabupaten Wakatobi dan sarana pelabuhan penyeberangan Pulau Kadatua - Pulau Siompu di Kabupaten Buton Selatan.

"Anggaran pembangunan tiga pelabuhan tersebut akan dibiayai Pemerintah Pusat," kata Kadis Perhubungan Sultra Hado Hasina di Kendari, Jumat.

Ia menjelaskan,  pembangunan terminal transportasi darat tipe A di Puuwatu, Kota Kendari menelan anggaran yang bersumber dari APBN senilai Rp58 miliar.

Pekerjaan pembangunan pelabuhan penyeberangan Kaledupa, Tomia dan Binongko di Kabupaten Wakatobi senilai Rp160 miliar.

Sedangkan pembangunan sarana pelabuhan penyeberangan Pulau Kadatua - Pulau Siompu di Kabupaten Buton Selatan sebanyak Rp112 miliar.

"Peresmian dimulainya pembangunan tersebut akan dirangkaikan perayaan Hari Perhubungan Nasional 20 September 2020. Ini kado Hari Perhubungan Nssional untuk Sulawesi Tenggara," kata Hado.

Desain pengembangan pembangunan infrastruktur transportasi di wilayah Sulawesi Tenggara. (Foto: ANTARA/sarjono-Dishub Sultra)

Pembangunan infrastruktur transportasi menjadi penunjang utama pengembangan destinasi kepariwisataan nasional di Sultra.

Program pembangunan sarana transportasi prestisius tersebut terwujud berkat sinergitas pemerintah daerah dalam hal Gubernur Sultra, Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Perhubungan Laut (Kemenhub), Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridawan Bae serta Forkopimda setempat.

"Kita segera melaksanakan percepatan pembangunan sarana prasarana transportasi untuk pelayanan publik yang baik. Diproyeksi pembangunan rampung pertengahan 2021," kata Hado.

Penyelenggaraan pembangunan infrastruktur transportasi sektor darat dan laut sejalan dengan strategi pembangunan kepemimpinan Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abuawas, yakni Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan (Garbarata).


Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024