Kendari (ANTARA) - Personel Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari, Sulawesi Tenggara, menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 75 di KN SAR Pacitan.

Pantauan di Kendari, Senin bahwa upacara diikuti seluruh pegawai Lingkup Kantor Basarnas Kendari dengan Inspektur upacara Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito dalam sambutannya yang dibacakan inspektur upacara menyebutkan, upacara di tengah tengah masa pandemik COVID-19 menerapkan protokol kesehatan.

Penerapan protokol kesehatan sesuai dengan kebiasaan atau kenormalan baru demi memerangi atau memutus rantai penyebaran penyakit berbahaya yang tidak kasat mata dan belum ditemukan vaksinnya hingga saat ini.

Kepala Basarnas mengajak semua pihak untuk memahami bahwa situasi dan kondisi negara khususnya dan dunia pada umumnya yang sedang mengalami krisis akibat pandemik COVID-19 dan tidak boleh stagnan, tidak boleh berhenti.

"Sebaliknya kita harus terus bergerak melawan kondisi yang sulit ini degan kreatifitas, inovasi dan terus berkarya".

"Kita adalah bangsa pejuang, sejarah telah memberikan pengalaman bahwa kita mampu keluar dari berbagai tekanan dengan kepala tegak, yang pasti semua butuh perjuangan, semua harus menyamakan persepsi, baik pola pikir maupun pola tindak dalam menghadapi situasi dan kondisi yang sulit ini".

Kepala Basarnas mengatakan semangat 45 juga harus merasuk ke dalam sanubari pegawai Basarnas di seluruh Indonesia dan berharap semoga peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini menjadi momentum bagi semua pihak, bagi bangsa indonesia untuk menyatukan langkah dalam memerangi pandemik COVID-19. Personel Basarnas Kendari membentangkan bendera Merah Putih raksasa diatas kapal KN Pacitan kemudian mengarungi perairan pulau pulau di Sultra. (Foto: ANTARA/sarjono)

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke- 75 dapat menumbuhkan kembali semangat nasionalisme kepada seluruh anggota apalagi dimasa pandemi dan selalu mengedepankan profesional, sinergi dan militan dalam pelaksanaan tugas.

Serangkaian peringatan Kemerdekaan RI, personel Basarnas Kendari memberikan dukungan semangat dan terima kasih kepada tenaga kesehatan yang tidak kenal lelah bekerja keras merawat dan memberikan pertolongan kepada saudara-saudara kita yang terdampak COVID-19.

Beberapa hari lalu, personel Basarnas Kendari membentangkan bendera merah putih ukuran 17 x 26 meter oleh 17 orang personil diatas Kapal KN SAR Pacitan kemudian berlayar dari Teluk Kendari menuju sekitar perairan Pulau Hari dengan jarak kurang lebih 17 Nautical Mile dari dermaga Basarnas Kendari.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024