Kendari (ANTARA) - Mahasiswa peserta kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari memberikan alat pelindung diri (APD) kepada warga di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara guna mendukung aktifitas produktif di tengah penerapan tatanan normal baru dari pandemi COVID-19.

Koordinator Desa KKN Tematik UHO, Muhammad Zulfikarrahim mengatakan logistik yang diberikan ke warga berupa face shield, handsanitizer, wastafel dan masker yang didistribusikan di beberapa titik di daerah Kolaka.

"Titiknya itu di RS (Rumah Sakit) Benyamin Guluh, di pasar, Dinas Kesehatan Kolaka, Kelurahan Sea, Kelurahan Sakuli, dan Kelurahan Tangguh Watuliandu," kata Zulfikarrahim saat diwawancara via WhatsApp, Sabtu.

Mahasiswa semester delapan asal Fakultas Kedokteran UHO ini menyampaikan bahwa kegiatan pemberian logistik kesehatan kepada warga sesuai tema KKN Tematik yang diusung dalam kegiatan mengabdi kepada masyarakat yaitu "Peningkatan Peran Civitas Perguruan Tinggi dalam Upaya Tanggap Bencana Nasional Melalui Edukasi dan Pencegahan Wabah COVID-19 di Kabupaten Kolaka.

  Mahasiswa KKN Tematik UHO saat menyalurkan bantuan logistik kesehatan kepada warga Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Sabtu. (ANTARA/HO-KKN Tematik UHO 2020)

"Tujuan bantuan logistik kesehatan ini adalah agar dapat membantu masyarakat dalam melakukan pencegahan COVID 19, dengan adanya pendistribusian ini (logistik kesehatan) kita dapat sekaligus memberikan edukasi dan juga mengingatkan pemahaman masyarakat tentang kewaspadaan dalam menjaga diri agar terhindar dari COVID-19," tutur Zulfikarrahim

Zulfikarrahim menyampaikan bahwa sumber bantuan logistik yang didistribusikan itu berasal dari kerja sama dirinya dan teman-teman KKN-nya.

"Misalnya seperti pembuatan face shield dan juga penyediaan hand handsanitizer yang dikerjakan bersama-sama," jelasnya.

"Kami berharap dalam upaya menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi ini salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat diharapkan dengan adanya bantuan ini kita bersama-sama dapat bersatu agar tetap terhindar dari COVID-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan," tambahnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024