Wanggudu (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Utara, dr Martaya, mengatakan peringatan hari keluarga nasional (Harganas) merupakan momentum untuk melakukan perencanaan keluarga menuju Konawe Utara sejahtera dan berdaya saing.

"Salah satu strategi pemerintah dalam meningkatkan SDM menuju Konawe Utara Sejahtera dan Berdaya Saing adalah dengan Program Perencanaan Keluarga melalui BKKBN dengan motto 'karena berencana itu keren'," kata Martaya pada puncak peringatan Harganas XXVII di Kecamatan Lembo, Senin.

Dikatakan,  keluarga yang kuat akan menjadikan negara yang kuat, karena di dalam keluarga itu ada kesatuan organisasi yang membangun keluarga, menjadikan hidup lebih baik dalam fungsi agama, ekonomi, sosial, budaya dan fungsi lain yang termasuk dalam 8 fungsi keluarga sejahtera.

"Tidak usah gengsi mari tetap bekerja di kebun, toko, kios, dan sektor usaha yang lain untuk memperoleh penghasilan untuk keluarga. Menjaga silaturahmi dengan tetangga juga penting," katanya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Sultra, yang diwakili oleh Kabid Dalduk BKKBN Sultra, Mustakim, mengatakan pelaksanaan peringatan Harganas saat ini berbeda dari sebelumnya karena untuk menjaga diri dari pandemi COVID-19.

"Mulai hari ini diseluruh Indonesia dilaksanakan kegiatan pelayanan sejuta akseptor di masing-masing daerah," katanya.

BKKBN kata dia, tugasnya bukan sekedar menekan angka kelahiran akan tetapi tetap di imbangi dengan pelayanan kesehatan reproduksi.

Kelurahan Lembo menjadi tuan rumah puncak peringatan Harganas tingkat Kabupaten Konawe Utara karena berhasil menjadi juara pertama sebagai Kampung KB.

Peringatan Harganas dengan Tema "BKKBN Baru Dengan Cara Baru Dan Semangat Baru Hadir Di Dalam Keluarga", dibuka oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara yang di wakili oleh Sekretaris Daerah, Martaya yang dihadiri oleh Kepala BKKBN Sultra yang diwakili oleh DR Mustakim, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ali Fatuni, dan jajaran Forkopimda Konawe Utara.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024