Baubau (ANTARA) - Pertamina Fuel Terminal Baubau, Sulawesi Tenggara, mendonasikan empat unit perangkat sarana cuci tangan berupa tandon portabel kepada gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 sebagai upaya bersama dalam mencegah persebaran wabah corona di daerah itu. 

Fuel Terminal Manager Baubau, Abdul Rahman, di Baubau, Rabu, mengatakan, penyerahan empat unit perangkat cuci tangan yang ditaksir mencapai Rp20 jutaan itu merupakan wujud kepedulian pihaknya dalam memutus rantai persebaran corona virus disease di Kota Baubau.

"Kita berharap empat unit tandon untuk cuci tangan ini bisa dimanfaatkan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran COVID-19," ujarnya, usai menyerahkan donasi yang diterima Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Baubau, Roni Muhtar, di sekber gugus tugas COVID-19 Baubau. 

Katanya juga, pihaknya telah meneruskan surat Pemda Baubau ke bagian CSR Pertamian Makassar, Sulawesi Selatan terkait donasi yang akan disalurkan berikutnya. 

"Insya Allah kita masih tetap berupaya karena yang memegang dana CSR-nya kita di Makassar. Kita berdoa mudah-mudahan dalam waktu cepat bisa ditindak lanjuti juga," ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Baubau, Roni Muhtar mengapresiasi donasi bantuan yang disalurkan oleh Fuel Terminal Baubau dalam upaya penanggulangan persebaran virus corona di daerah itu. 

"Alhamdullilah hari ini Fuel Terminal Baubau melakukan satu tambahan bantuan berupa tangki air empat unit. Beliau menegaskan nanti ada lagi kalau usulan tentang pemanfaatan dana CSR sudah ada realisasinya. Dan kita berharap moga-moga secepatnya," ujarnya. 

Bantuan dari pertamina berupa empat unit tandon cuci tangan itu, kata dia, menambah deretan donasi untuk masyarakat yang diterima Pemkot Baubau, yang sebelum-sebelumya juga sudah banyak diperoleh pihaknya mencapai milyaran rupiah. 

"Saya mewakili Pemkot Baubau sangat berterimakasih kepada masyarakat, baik itu terhimpun di organisasi maupun secara perorangan atas kesadarannya mau berdonasi meringankan beban kita dalam upaya menanggulangi persebaran virus corona di Baubau," ujar Roni Muhtar, yang juga Sekda Baubau ini. 

Menurutnya, peran berbagai pihak baik itu organisasi perangkat daerah, instansi vertikal maupun swasta sangat luar biasa, dan menjadi suatu kebanggaan dan kesyukuran bagi pihaknya dalam upaya bersama-sama penanggulangan persebaran COVID-19 ini. 

"Saya yakin kalau apa yang ada di Baubau kita bandingkan daerah lain ini tidak ada yang seperti kita. Nah mengapa berbeda, mungkin ini rensonansinya Polima yang disampaikan Pak Walikota kita bahwa kesadaraan untuk saling membantu, saling peduli, saling memperhatikan, dan membangun hubungan kebersamaan betul tertanam dalam nurani kita masing-masing, sehingga ekspresinya memberi bantuan seperti ini," katanya. 

Empat unit tandon cuci tangan yang telah diterima pihaknya tersebut, menurut dia, direncanakan untuk sementara ditempatkan pada titik-titik umum utamanya setelah penerapan normal baru atau new normal dalam rangka memutus rantai persebaran virus Corona. 

"Jadi nanti kita siapkan yang begini yang lebih kecil yang bisa lebih masuk halaman dalam tempat kegiatan umum sehingga masyarakat bisa menggunakannya setiap saat," katanya. 

Pada hari yang sama, perusahaan koperasi simpan pinjam Samaturu di daerah itu juga berdonasi menyerahkan 100 alat tes cepat dan dua APD.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024