Kendari (ANTARA) - Solidaritas Jurnalis di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan bantuan bahan makanan (sembako) kepada warga rentan dan terdampak pandemi virus Corona jenis baru di daerah itu.

Koordinator Solidaritas Jurnalis Berbagi Zainal Ishaq, di Kendari, Sabtu, mengatakan kegiatan itu sebagai wujud solidaritas di bulan Ramadhan 1441 Hijriah di tengah pandemi yang membuat ekonomi masyarakat melemah.

Zainal mengungkapkan kegiatan penyaluran dilakukan dengan mengunjungi rumah rumah warga, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah di Kendari.
 

"Warga ini mengalami kesulitan bekerja dan mendapatkan penghasilan selama pandemi berlangsung. Warga akhirnya berusaha bertahan dengan bekerja semampunya, sembari menunggu bantuan dari pemerintah," katanya.

Solidaritas Jurnalis di Kota Kendari saat menyalurkan paket sembako kepada warga kurang mampu di daerah itu guna membantu meringankan ekonomi mereka di tengah pandemi COVID-19 dan di bulan suci ramadhan 1441 Hijriah. (ANTARA/HO)


Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari ini juga mengungkapkan bahwa penyaluran ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian bersama terhadap masyarakat terdampak gelombang pandemi. Terlebih, masyarakat kecil. Mereka kesulitan, sementara kebutuhan masyarakat meningkat, namun susah mendapatkan penghasilan.

"Kami membagikan 100 paket bahan makanan ke sejumlah warga terdampak. Sembako yang dibagikan adalah sumbangan dari berbagai individu yang mempercayakan kepada kami untuk menyalurkan," tutur Zainal.

Berdasarkan data, kata dia, jumlah masyarakat miskin di Kendari mencapai 21.000 jiwa. Jumlah ini adalah data masyarakat miskin, belum termasuk masyarakat yang kehilangan pendapatan, di PHK, dan kesulitan untuk menghidupi keluarga selama tiga bulan terakhir.


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024