Kendari (ANTARA) - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melakukan aksi sosial di Kecamatan Nambo, Kota Kendari dengan cara membagikan paket sembako kepada warga prasejahtera, Senin.

Ketua IBI Sultra, Maswaty Majid, di Kendari, mengatakan kegiatan itu merupakan bagian dari kegiatan "Peduli Kasih" terhadap keluarga prasejahtera berupa pembagian
sembako dan pembinaan kesertaan ber-KB berupa pelayanan KB Pil.

"Saat melakukan pembagian paket sembako, juga dilakukan pula pelayanan KB pil kepada warga setempat," katanya.

Disebutkan, ada dua kelurahan di Kecamatan Nambo yang menjadi sasaran kegiatan itu yakni Kelurahan Bungkutoko dan Kelurahan Tobimeita.

Selain membagikan sembako dan pelayanan KB, dilakukan pula sosialisasi cuci tangan yang baik dan benar serta pembagian masker.

Sementara itu, Kepala Bidang KB-KR Perwakilan BKKBN Prov Sultra, dr Fithriyani AK, mengapresiasi kegiatan pihak IBI Sultra yang langsung menggandeng BKKBN untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat yang ingin ber KB.
 
"Kegiatan tersebut dipandu oleh Petugas KB Kecamatan Nambo yang menggiring Tim IBI Prov Sultra dan BKKBN Prov Sultra pada rumah rumah yang berhak mendapatkan santunan tersebut," katanya.

Beberapa Pasangan Usia Subur atau PUS katanya, juga diberikan Pil KB dan pembinaan kesertaan ber-KB pada masa pandemi Covid-19 ini.

"PUS tersebut apabila mengalami kesulitan untuk mendapatkan kontrasepsi maka Pil KB yang diberikan tersebut dapat sementara digunakan sembari menunggu kontrasepsi yang inginkan telah tersedia pelayanannya," pungkasnya.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024