Baubau (ANTARA) - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, melakukan penyemprotan disinfektan pada rumah-rumah warga guna mencegah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 yang saat ini melanda di belahan dunia termasuk di Tanah Air. 

Ketua DPC Partai Gerindra Baubau, Nasiru, di Baubau, Selasa, mengatakan, penyemprotan utamanya pada pemukiman buruh pelabuhan, pedagang kaki lima dan rumah 'petugas kebersihan sebagai upaya pihaknya dalam memberikan perhatian ditengah wabah virus corona tersebut. 

"Jadi kami dari Gerindra melakukan konsolidasi internal partai untuk melakukan penyemprotan ini. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini memberikan dampak positif di masyarakat agar kita semua terhindar dari virus berbahaya itu," ujar Wakil Ketua DPRD Baubau ini, didampingi anggota DPRD dari fraksi Gerindra La Ode Hadia. 

Sejauh ini, kata Nasiru, penyemprotan yang telah dilaksanakan beberapa hari ini pada sejumlah kelurahan didaerah itu akan diagendakan lagi pada kelurahan lainnya guna memutus rantai penyebaran-penyebaran Covid-19 yang tengah dikawatirkan masyarakat luas saat ini. 

"Sekarang ini kegiatan penyemprotan masih berjalan. Kita sudah melaksanakan beberapa titik seperti di Kelurahan Kadolo, Kadolomoko dan Kelurahan Bukit Wolio Indah yang pemukiman padat penduduk," ujarnya. 

Selain menyasar diwilayah itu, tambahnya, pihaknya juga mengagendakan wilayah lainnya tetapi karena alat semprot yang terbatas sehingga menunggu titik-titik tertentu selesai. 

"Kalau pun semua memingkinkan akan laksanakan, karena kemampuan tenaga kita yang ada terbatas," katanya. 

Dalam upaya agar kegiatan penyemprotan dilapangan berjalan lancar, kata dia, pihaknya meminta bantuan dengan melibatkan Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) yang mengetahui persis kondisi warga setempat. 

"Jadi tetap kita koordinasikan sehingga rumah-rumah yang kita kunjungi dan disemprot atas izin RT dan pemilik rumah," pungkasnya. 

Ditengah wabah Covid-19 itu, ia juga mengimbau warga untuk berprilaku hidup sehat dengan mematuhi instruksi pemerintah terhadap social distancing dan physical distancing guna menghindari hal yang tidak diinginkan bersama. 

"Kita harus mawas diri. Bahwa dengan virus ini kita harus menjaga jarak. Kita tidak perlu kumpul bila tidak terlalu penting, karena wabah ini kita tidak lihat dan mengetahui adanya dimana," ujarnya. 

Senada dengan itu, anggota DPRD Baubau dari Fraksi Gerindra, La Ode Hadia mengatakan bahwa dalam setiap kunjungan ke masyarakat pihaknya tak lupa menyampaikan untuk bagaimana secara bersama-sama memutus rantai penyebaran virus tersebut dengan sementara tidak keluar rumah. 

"Kami ketika turun ke masyarakat memberikan edukasi dengan mengimbau menjaga jarak atau tidak berkerumun dulu bila memang tidak begitu penting. Kita semua berharap dan berdoa agar wabah virus ini cepat berlalu," pungkasnya. 
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024