Baubau (ANTARA) - Polres Baubau bersama Kodim 1413 Buton dan sejumlah Dinas terkait menggelar penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi keramaian dan jalan umum tengah kota guna mencegah penyebaran virus corona.

Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, Sabtu mengatakan, penyemprotan dilakukan menggunakan mobil water canon sebagai langkah efektif membunuh virus yang berada di jalan umum serta tempat kerumuman massa.

"Kita melakukan penyemprotan secara massif berskala besar menggunakan mobil taktis kepolisian sehingga berlangsung secara efektif utamanya jalan termasuk tempat keramaian masyarakat,”Jelas Kapolres.



Penyiraman tersebut akan berjalan hingga beberapa hari ke depan di beberapa lokasi rawan penyebaran virus corona.

Demi pencegahan optimal, AKBP Rio Tangkari berharap Pemerintah Daerah dapat menindaklanjuti kegiatan serupa guna memastikan seluruh kawasan publik bebas virus.
  Suasana penyemprotan desinfektan yang dilakukan gabungan tim dari Polres Baubau dan Kodim Buton pada sejumlah jalan utama di ibukota Baubau. (foto Antara/Azis Senong)


Sementara itu, di tengah kelangkaan disinfektan, pihak polres mengakui meraciknya sendiri dengan bahan khusus seperti pembersih lantai dan cairan pemutih agar cairan yang dihasilkan dalam jumlah besar.

“Kita menggunakan cairan disinfektan dengan membuat formulasi yang diberikan kepada kita dengan bahan baku yang kita miliki," kata petugas. 

Seluruh bahan pun diracik sesuai standar BPOM yang dipercaya ampuh membunuh berbagai bakteri dan berbagai virus termasuk covid 19.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024