Kendari (ANTARA) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD selaku dewan penasehat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia melantik pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII) Sulawesi Tenggara.

Pelantikan tersebut dilaksanalan di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Tenggara, dihadiri oleh Rektor Universitas Halu Oleo, Rektor UII, dan diikuti oleh alumni UII dari 14 DPW, serta jajaran Forkopimda Sultra, Ahad (1/3).

Pengurus DPP IKA UII yang dilantik merupakan pengemban masa jabatan periode 2019-2024, sementara itu, untuk pengurus DPW IKA UII Sultra, yang dilantik dengan masa jabatan 2020-2025.

Ketua DPP IKA UII periode 2019-2024 yang dilantik, yakni Muhammad Syarifuddin. Sementara Ketua DPW IKA UII Sultra dijabat oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Abdurrahman Saleh.

Dewan Penasehat IKA UII, Mahfud MD, berharap alumni UII bisa terus bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat dalam memajukan daerahnya.

"DPP harus terus berkoordinasi dengan daerah karena sibergitas itu akan terbangun kalau DPP-nya aktif. Alumni UII yang ada di SulawesiTenggara harus bisa bersinergi dengan pemerintah dan membantu gubernur untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah termasuk di sosial kemasyarakatan guna memajukan daerahnya," kata Mahfud MD.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Mahfud MD, bersama Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi dan pengurus DPP IKA UII masa jabatan 2019-2024, di Rujab Gubernur Sulawesi Tenggara, Ahad (1/3/20). (ANTARA/Harianto)


Mahfud MD juga menyampaikan harapannya agar para pengurus IKA UII dapat mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab.

"Tugas UII, termasuk alumni adalah mengembangkan Islam yang moderat. Moderasi Islam, Islam muderat, Islam jalan tengah. Universitas Islam Indonesia sebagai amanah pendiri negara, yang beragama Islam, yang ingin menjadikan Islam ini bersinergi dan bersatu dengan paham kebangsaan," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPP IKA UII Muhammad Syarifuddin mengatakan, IKA UII harus mampu menjadi motor penggerak kemajuan almamater.

"Betapa banyak alumni UII itu yang hebat-hebat, bukan hanya berkiprah di alumni sendiri, negara juga ikut memberikan kontribusi positif untuk mengatur negara dan bangsa. Maka dari itu alumni harus mampu menjayakan UII. Yang hebat itu alumni, yang jaya itu UII," katanya.

Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia, Bidang Yudisial ini berharap, seluruh pengurus DPP IKA UII dapat melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing.  


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024