Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai hujan lebat disertai guntur dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah itu.

Prakirawan BMKG Sultra, Faizal Habibie mengatakan, beberapa wilayah Sultra seperti Buton Utara, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Kolaka, Konawe Utara, Konawe selatan, Konawe, Konawe Kepulauan, Muna dan Muna Barat berpotensi terjadi hujan lebat.

"Sepuluh wilayah itu berpotensi hujan sedang hingga lebat, kadang disertai guntur dan angin kencang," kata Faizal.

Faizal juga mengungkapkan, prakiraan cuaca wilayah Sultra pada 28 sampai 29 Februari 2020, mengalami variasi mulai pagi siang hingga malam, ada yang hujan ringan ada juga yang hujan lokal dengan intensitas ringan yang disertai guntur dan angin kencang.

"Pagi hari berpotensi Hujan Ringan di wilayah Wakatobi, Kolaka dan Kolaka Timur. Siang dan sore hari berpotensi Hujan sedang hingga lebat di wilayah Buton Utara, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Kolaka, konawe Utara, Konawe selatan, Konawe, Konawe Kepulauan, Muna dan Muna Barat. Hujan Ringan di wilayah Buton, Bombana, Wakatobi, Buton tengah dan Kendari.

Baca juga: BMKG: Hujan lebat disertai angin kencang berpotensi di wilayah Sultra

Sementara, kata Faizal, malam hari berpotensi Hujan Ringan di wilayah Konawe Selatan, Bombana, Konawe dan Kolaka Timur. Selanjutnya dini hari berpotensi Hujan Ringan di wilayah Wakatobi.

Ia juga menyampaikan huhu udara mencapai 24-32 derajat celcius, dengan kelembaban udara 65-95 persen dan angin bertiup dari Barat Laut menuju Timur Laut dengan kecepatan 2-30 kilometer per jam.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024