Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, dapat predikat B atas SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) 2019 dengan perolehan nilai 61,75 atau meningkat dari perolehan nilai pada 2018 hanya 60,04.

"Alhamdulillah tahun ini kita mendapat kenaikan point dari tahun sebelumnya, ini akan terus kita tingkatkan dan saya harap semua penyelenggaraan akuntabilitas kinerja seluruh ASN di Konut terus ditingkatkan agar tahun 2020 kita bisa mendapat predikat A," kata Bupati Konawe Utara, Ruksamin, Selasa.

Dikatakan, dengan peroleh nilai tersebut menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan, budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi hasil pada pemerintah Kabupaten Konawe Utara sudah mulai berjalan namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Untuk diketahui, Kabupaten Konawe Utara adalah yang mencapai nilai tertinggi di Sulawesi Tenggara meskipun dengan predikat yang sama, akan tetapi ada peningkatan progres dari hasil yang dicapai.

"Walaupun baru berusia 13 tahun akan tetapi mampu menyamai predikat Kabupaten/Kota yang lebih dulu lahir seperti Kota Kendari, Kolaka, Muna serta mampu mengalahkan capaian Kabupaten Induknya yakni Konawe," katanya.

Penghargaan diberikan kepada bupati oleh Menteri PANRB  Tjahjo Kumolo, bersama kepada 189 pemerintah daerah lainnya di wilayah III, pada SAKIP award oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan menyelenggarakan Pemberian Laporan Hasil Evaluasi (LHE) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) wilayah III, di Yogyakarta, Senin (24/02).

Adapun 190 pemerintah daerah tersebut terdiri dari 178 kota dan kabupaten dari 12 provinsi. Keduabelas provinsi tersebut meliputi Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Maluku, Provinsi Papua, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua Barat, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi D.I Yogyakarta. 

Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Plt. Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB Jufri Rahman, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, serta para kepala daerah penerima penghargaan SAKIP Wilayah III tahun 2019.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024