Kendari (ANTARA) - Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari, Sulawesi Tengggara, memberikan pendampingan kepada Lansia di kota itu yang bernama La Nggugu (80), warga Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Kendari, Kota Kendari.

Bentuk pendampingan LRSLU Minaula kepada lansia yang sempat tinggal selama 30 tahun di gubuk tersebut, yakni dengan ikut berpartisipasi dalam pembangunan rumah baru bagi lansia itu, selain itu memberikan bantuan secara tunai, serta memberikan penguatan kepada lansia dan tetangga serta masyarakat sekitar.

Koordinator Fungsional LRSLU Minaula Kendari, Jasman mengatakan mengatakan permasalahan sosial lebih cepat terselesaikan jika ada sinergi semua pihak.

"Contohnya hari ini pembangunan rumah bagi lansia, dengan partisipasi berbagai pihak dan semuanya telah berbagi peran. Selain memberikan bantuan secara tunai, LRSLU Minaula Kendari juga memberikan penguatan kepada lansia dan tetangga serta masyarakat sekitar," katanya.

Selain itu, pihaknya juga melibatkan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang ada di Kota Kendari. Ia mengatakan bahwa lembaga itu yang akan mengawal lansia tersebut agar masuk ke dalam basis DTKS, sehingga bisa mengakses bantuan sosial yang berkelanjutan, seperti Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES-LU). Keterlibatan Pihak LRSLU minaula Kendari dalam pembangunan rumah baru seorang Lansia bernama La Nggugu (80) warga Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. (ANTARA/Harianto)

Sementara itu, Kepala LRSLU Minaula Kendari, Syamsuddin mengatakan, melalui pekerja sosialnya akan terus melakukan pendampingan sosial terhadap La Nggugu.

"Kita akan berikan pendampingan kepada kakek La Nggugu agar si kakek dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar. Dengan menerapkan manajemen kasus, seluruh potensi dan sumber akan dikerahkan demi membantunya baik itu LKS-LU, tetangga, kerabat, keluarga, dan pemerintah setempat. Karena masalah lansia merupakan tanggungjawab kita semua," ungkapnya.

Untuk diketahui, proses pembangunan rumah lansia tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kota Kendari, bersama unsur TNI/Polri dari Kodim 1417 Kendari dan Polresta Kendari, bersinergi bersama melakukan bedah rumah terhadap seorang lansia tua renta La Nggugu (80) yang selama ini mengaku telah menempati gubuk tak layak huni ini sejak beberapa tahun lalu.

Baca juga: Kemensos mendorong kapabilitas potensi puluhan lansia di Konawe Selatan

Wali Kota Kendari, Sulkarnain, bersama Komandan Kodim 1417/Kendari Kolonel Inf Alamsyah, Kasat Binmas Polresta Kendari serta Camat Kendari menyempatkan mengunjungi rumah yang selama ini didiami La nggugu, sekaligus melakukan bedah rumah lansia tersebut menjadi rumah layak huni.

Sementara itu, La Nggugu merasa senang akan dibangunkan rumah layak huni, namun ia juga mengaku tidak akan membongkar rumah lamanya yang selama ini ia tempati.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024