Kendari (ANTARA) - Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat selama 2019 telah melakukan pencetakan sawah baru seluas 250 hektare.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Aru Sismanto, di Kendari, Rabu, mengatakan pelaksanaan program percetakan sawah baru tersebut tersebar pada empat kabupaten di daerah itu.

"Sawah baru ini terletak di Kabupaten Kolaka Timur dari target 250 hektare, Konawe 200 hektare, Konawe Selatan 200 hektare dan Kabupaten Muna 100 hektare," kata Ari.

Menurut dia, realisasi kontrak dari program pencetakan sawah baru tersebut sudah 100 persen.

Baca juga: Sultra Maksimalkan Pemanfaatan Lahan Sawah Baru

Untuk tahun 2020 katanya, pemerintah memprogramkan pencetakan sawah baru di Sultra seluas 1.350 hektare yang tersebar dibeberapa kabupaten.

Adapun persebaran program pencetakan sawah baru 2020 yakni Kabupaten Kolaka Timur seluas 500 hektare, Konawe 200 hektare, Konawe Selatan 300 hektare, Konawe Kepulauan 150 hektare, Bombana 100 hektare dan Kabupaten Muna 100 hektare.

Program pencetakan sawah baru katanya, bertujuan dalam rangka meningkatkan produksi padi di daerah itu dengan cara memperluas lahan memanfaatkan lahan potensi sawah yang selama ini belum dimanfaatkan.

Disebutkan, daerah yang menjadi sentra produksi padi sawah di Sultra yakni Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Kolaka Timur, Bombana dan Kolaka.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024