Kendari (ANTARA) - KONI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sedang mempersiapkan pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) ke-14 yang rencananya berlangsung di kabupaten Buton dan kota Baubau pada tahun depan.

"Saat ini kami sudah memanggil pemerintah setempat untuk mempresentasikan kesiapan tuan rumah pelaksanaan Porprov ke-14 tersebut," ungkap Ketua Harian KONI Sultra Laode Suryono, Minggu.

Suryono menjelaskan, hal utama yang harus disanggupi oleh pemerintah kabupaten Buton dan Pemkot Baubau yakni menyiapkan sarana prasarana olah raga atau arena pertandingan.

"Sebab Sejauh ini, sarana dan prasarana olah raga di dua daerah itu, belum memenuhi syarat bahkan belum tersedia, sehingga kami butuhkan komitmen kuat kepada pemerintah setempat, untuk membangun berbagai venue pertandingan,” paparnya.

Laode Suryono menambahkan sejauh ini, KONI Provinsi belum memutuskan tuan rumah pelaksanaan Porprov ke-14, namun opsi lain juga memungkinkan adanya keputusan tuan rumah bersama di dua daerah itu yakni kabupaten Buton dan kota Baubau.

"Porprov ini adalah program kegiatannya KONI Sultra, jadi kita harus kawal ini agar pada saat pelaksanaannya nanti, bisa berjalan sukses sesuai harapan kita bersama
sekaligus mencetak atlet-atlet andal dan berkualitas," imbuh Laode Suryono.

Baca juga: Tiga daerah siap selenggarakan Porprov xiv/2022

Sesuai keputusan KONI Pusat, mulai 2021 mendatang, periode pelaksanaan Porprov berlangsung selama dua tahun, sementara sebelumnya jedah waktu pekan olah raga antar kabupaten/kota itu, digelar selama empat tahun.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024