Wanggudu (ANTARA) - Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam, mengatakan Konawe Utara merupakan satu dari tujuh daerah di Sultra yang akan menggelar Pilkada langsung 2020 sehingga akan menjadi tantangan pertama dalam mengawal pesta demokrasi itu sejak lembaga itu terbentuk.

"Konawe Utara ini sedang menghadapi Pilkada langsung 2020, maka tugas kita menunjukkan kepada publik untuk melakukan pengawalan hingga tercipta Pilkada yang aman, lancar, damai dan sukses demi terciptanya pembangunan Konawe Utara," kata Kepala Kepolisian daerah Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Merdisyam, secara resmi melantik AKBP Achmad Fathul Ulum sebagai Kapolres Konawe Utara yang pertama kalinya, juga secara langsung meresmikan Markas Polres Konawe Utara, di Wanggudu, Jumat.

Kapolda juga mengapresiasi kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintah Konawe Utara atas dukungannya sehingga Polres Konawe Utara bisa terbentuk sesuai dengan harapan tanpa ada kendala berarti.

"Dengan hadirnya Polres Konawe Utara, maka pengendalian Kamtibmas di daerah ini bukan lagi kendali Polres Konawe," katanya.

Dengan demikian lanjut Kapolda, akan lebih mendekatkan layanan polisi terhadap masyarakat yang berada di 13 kecamatan dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah tersebut.

Polres Konawe Utara merupakan satu dari dua penambahan Polres di Sultra bersama Polres Buton Utara yang juga akan segera dilantik dan diresmikan.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin, mengatakan Peresmian Polres Konawe Utara merupakan kado tabun baru bagi daerah penghasil tambang nikel terbesar di Sultra tersebut.

"Dengan diresmikannya Polres Konawe maka mendekatkan layanan kepada masyarakat saya, misalnya urus SKCK dan SIM tidak lagi di luar Konawe Utara," katanya.

Diresmikannya Polres Konawe Utara dan dalam waktu dekat juga Polres Buton Utara, maka saat ini Polres di wilayah hukum Polda Sultra bertambah dari 10 menjadi dua 12 belas yakni Polres Kendari, Polres Kolaka, Polres Buton, Polres Muna, Polres Konawe, Polres Konawe Selatan, Polres Baubau, Polres Wakatobi, Polres Bombana, Polres Kolaka Utara, polres Konawe Utara dan Polres Buton Utara.

Tujuh kabupaten di Sultra yang belum memiliki Polres sendiri adalah Kabupaten Kolaka Timur (kendali Polres Kolaka), Kabupaten Konawe Kepulauan (kendali Polres Kendari), Kabupaten Muna Barat (kendali Polres Muna), Kabupaten Buton Tengah dan Kabupaten Buton Selatan (kendali Polres Buton).

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024