Kendari (ANTARA) - Sebanyak 15 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sudah terakreditasi oleh Kementerian kesehatan Republik Indonesia.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain K, di Kendari, Senin, mengatakan dari 15 puskesmas tersebut sudah ada yang terakreditasi kategori paripurna yakni Puskesmas Poasia.

"Alhamdulillah semuanya puskesmas kita sudah terakreditasi, bahkan ada satu yang akreditasi paripurna dan itu sangat langka di Indonesia," katanya.

Ia berharap, Puskesmas Poasia yang mencapai akreditasi paripurna itu bisa menjadi rujukan Puskesmas yang ada di Kota Kendari bahkan di Sulawesi Tenggara. 

Baca juga: 13 Puskesmas di Konawe Utara Sudah Terakreditasi

Kepala Dinas kesehatan kendari, Rahminingrum, menyebutkan 15 puskesmas yang terakreditasi di kendari tersebut adalah Puskesmas Poasia, Puskesmas Lepolepo, Benubenua, Puuwatu, Kemaraya, Labibia, Mekar, Perumnas, Jati Raya, Kandai, Mata, Kendari Permai, Abeli, Nambo.

"Untuk bisa diakreditasi, maka puskesmas tersebut harus memenuhi beberapa persyaratan. Dengan diakreditasinya puskesmas ini, maka pelayanannya akan semakin lebih baik, dan terukur. Untuk menjadi puskesmas yang terakreditasi maka semua tindakan pelayanan kesehatan yang dilakukan harus diterapkan berdasarkan SOP (standard operational procedure)," katanya.

Kemudian untuk meraih tatanan paripurna kata dia, tidaklah mudah karena butuh kerja keras, sebab indikatornya sangat banyak sekali.

"Makanya, kami sangat senang dengan capaian Puskesmas Poasia. Ke depan seluruh puskesmas di Kota Kendari bisa termotivasi dengan keberhasilan Puskesmas Poasia, sehingga dengan begitu 15 puskesmas se-Kota Kendari bisa terkareditasi Paripurna," pungkasnya.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024