Wanggudu (ANTARA) - Sebanyak 13 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dari 22 Puskesmas yang ada di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini sudah terakreditasi nasional.
     Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Utara, Nurjannah, di Wanggudu, Kamis, mengatakan  13 Puskesmas yang telah terakreditasi tersebut adalah Puskemas Andeo, Tapunggaya, Asera, Langgikima, Lembo, Lasolo, Wawolesea, Sawa, Hialu, Landawe, Molawe, Mantadahi dan Puskesmas Paka Indah.
       "Yang baru saja meraih akreditasi adalah Puskesmas Paka Indah. Suratnya sudah kami terima dari Kemenkes melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) pelayanan kesehatan komisi akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama pada 22 oktober dengan Nomor.YM. 02.01/Vl," katanya.
    Dikatakan, akreditasi Puskesmas sangat penting karena Puskesmas wajib meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
     "Akreditasi Puskesmas ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat, sarana dan pra sarana Puskemas sampai dengan kinerja para tim medis sesuai standar prosedur," katanya.
      Nurjannah mengaku pihaknya terus berusaha agar semua Puskesmas di Konawe Utara terakreditasi dengan cara memenuhi standar pelayanan yang sesuai dengan prosedur.
     Proses penilaian akreditasi katanya, dilakukan berbagai macam tahapan di antaranya, penggalangan komitmen, pemahaman standar elemen penilaian, kaji banding, dan selanjutnya tahap penilaian akhir oleh tim akreditasi Kemenkes.
      "Saat ini masih ada tujuh Puskesmas di Konawe Utara yang sedang dalam tahapan penilaian akhir akreditasi," pungkasnya.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024