Kendari (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyiapkan 114 personel dalam rangka pelaksanaan siaga  Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Ke 114 personel tersebut terbagi di beberapa wilayah kerja seperti di Baubau, Wanci, Kolaka, Sorowako dan Kendari dengan sasaran pelabuhan-pelabuhan, terminal, bandara dan beberapa titik-titik tempat wisata yang dicurigai padat pengunjung menjelang dan menutup Tahun Baru kali ini," kata Kepala Urusan Basarnas Kendari yang juga sebagai PH Kakansar Idham usai Apel Siaga SAR Khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 bertempat di Pelataran Kantor Basarnas Kendari.

Apel siaga tersebut diikuti oleh TNI/Polri, personel Dinas Perhubungan, anggota Pramuka serta seluruh personel Basarnas Kendari.

Menurut dia, disamping 114 personil di atas, dikerahkan pula peralatan pendukung laut seperti 3 buah kapal yang terdiri dari KN SAR Pacitan,, RB 210 dan RB 307 serta 4 buah RIB beserta peralatan pertolongan di air.

"Termasuk menyiagakan kendaraan darat dan peralatan pendukung keselamatan lainnya jg disiapkan untuk digunakan pada saat dibutuhkan," katanya.

Baca juga: SAR Kolaka patroli wilayah rawan kecelakaan

Sementara iu, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito yang dibacakan oleh Kepala Urusan Basarnas Kendari, Idham, berpesan yakni yang pertama Menjaga Profesionalisme dalam menjalankan tugas memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR dimana dan kapanpun dibutuhkan.

Pesan berikutnya, kepada seluruh personil siaga SAR khusus natal 2019 dan tahun baru 2020 untuk menjaga sinergitas antar pelayan masyarakat baik TNI/Polri dan seluruh potensi SAR, menjaga kekompakan dilokasi kecelakaan dan bencana dalam memberikan pelayanan yg terbaik kpd masyarakat korban bencana maupun kecelakaan.

Dan yang terakhir, seluruh personil siaga SAR khusus natal dan tahun baru harus mempunyai jiwa militan dalam mengemban tugas karena tugas SAR adalah tugas kemanusiaan yang memiliki medan operasi cukup berat.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024