Kendari (ANTARA) - Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Tenggara memprediksi kemenangan pada empat kabupaten pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Shaleh di Kendari, Minggu mengatakan, target kemenangan diukur dari perolehan kursi legislatif 2019.

"PAN tidak muluk-muluk tetapi memprediksi kemenangan pada daerah pemilik kursi parlemen yang signifikan, bukan menggantang asap," kata Rahman Shaleh.

Di Sultra tahun 2020 akan digelar pilkada serentak pada tujuh kabupaten, yakni Kabupaten Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Buton Utara, Wakatobi dan Muna.

Hal senada disampaikan pengurus PAN Sultra Kery Saiful Konggoasa bahwa kans kader PAN memenangkan pilkada cukup terbuka di beberapa daerah.

"Kita berjuang dan optimistis menang di Kabupaten Buton Utara, Konawe Utara, Konawe Selatan dan Muna. Tidak ada yang bisa memastikan kecuali kerja keras dan solid berjuang," kata Kery yang juga Bupati Konawe.

Di Kabupaten Buton Utara PAN masih mempertahankan dominasi lima kursi sehingga masih memegang tampuk pimpinan dewan.

Sedangkan di Kabupaten Konawe Utara, Konawe Selatan dan Kolaka Timur menempti posisi unsur wakil pimpinan dewan.

Kader PAN Rauf yang ditemui secara terpisah mengatakan sudah bulat hati untuk maju berkompetisi pada Pilkada 2020.

"Sebagai kader tunduk pada mekanisme partai. Walaupun saya berkeinginan ikut kontestasi tetapi kalau partai tidak memberi mandat maka harus legawa," kata Raup yang saat ini menjabat Wakil Bupati Konawe Utara berpasangan dengan Ruksamin.
 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024