Tirawuta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), terus meningkatkan menproduksi kakao atau coklat dengan target pasar bisa menembus manca negara atau luar negeri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah setempat terus berinovasi dan mencari berbagai reverensi untuk dapat mewujudkan Kakao Kolaka Timur di ekspor ke berbagai Negara.

Bupati Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah, bersama Kadis Perkebunan     Kolaka Timur, Sawal Sarifudin, Selasa, mengunjungi salah satu koperasi yang berada di Kabupaten Jembrana Provinsi Bali , dalam rangka studi belajar koperasi kakao yang telah diekspor ke mancanegara.

"Disalah satu koperasi di Jemberana ini, telah mengekspor kakao hingga berbagai negara di eropa. Diantaranya, Francis, Belgia dan Inggris. Nantinya, akan menjadi rujukan kita di Koltim bagaimana agar kakao kita bisa di ekspor," kata Bupati.

Usai mengunjungi sejumlah koperasi di Jembrana, kata Tony, akan menjadi menjadi contoh atau rujukan pemerintah dan petani kakao khususnya di Kolaka Timur.

Kolaka Timur merupakan salah satu daerah penghasil kakao terbesar di Sulawesi Tenggara, bahkan mewakili Sultra untuk proyek percontohan pengembangan kawasan kakao nasional.


 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024