Baubau (ANTARA) - DPRD Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, sedang mengkoordinasikan tahapan pelantikan anggota dewan ke pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat, setelah lembaga penyelenggara pemilu itu menetapkan 25 caleg terpilih periode 2019-2024 baru-baru ini.

Plt Sekretaris DPRD Baubau, Yaya Wirayahman, di Baubau, Jumat, mengatakan, pihaknya mulai menyiapkan pelaksanaan pelantikan anggota dewan mulai lokasi pelantikan, administrasi, serta personel pendukung dalam menyukseskan kegiatan itu.

"Biaya pelantikan sudah dipersiapkan melalui APBD untuk mendukung kesuksesan acara itu.Termasuk seragam jas pelantikan dan pin emas anggota dewan akan disiapkan," ujarnya.

Selain mempersiapkan acara pelantikan, lanjut Yaya, pihaknya juga sementara berkoordinasi dengan BPSDM Provinsi Sultra terkait kegiatan pelatihan atau orientasi bagi anggota dewan yang terhormat itu.

"Intinya setelah pelantikan, maka seluruh anggota DRPD akan kita boyong ke Kendari untuk mengikuti kegiatan orientasi itu karena ini adalah salah satu kegiatan wajib bagi pendalaman tugas untuk pimpinan dan anggota dewan," ujarnya.

Orientasi pembekalan itu akan dipercepat atau paling lambat seminggu setelah pelantikan, menurut dia, karena anggota dewan juga harus menghadapi agenda-agenda penting seperti pembahasan APBD induk 2020.

"Termasuk penyusunan alat kelengkapan dewan dan lain sebagainya harus kita laksanakan secepatnya untuk mendukung tugas-tugas di DPRD Baubau," ujarnya.

25 orang caleg terpilih yang sudah ditetapkan KPU Baubau yakni, Zahari (Golkar), Kamil Adi Karim (PAN), Nasiru (Gerindra), Asaad (PDIP), Sitti Suhura (PPP),Noor Gemilang Siradja (Hanura),La Madi (Berkarya), M Ahadyat Zamani (NasDem), Ld Abdul Tamim (PKS), Ardin Jufri (Golkar), dan Feto Daud (PKB).

Kemudian, La Ode Sahrun (PAN), Roslina Rahim (Perindo), Rusdin (Golkar), Nur Aksa (PDIP), Acep Sulfan (Gerindra), Haryono Hafied (PKB) dan Rosni (PBB).

Selanjutnya, Farida Gimaruddin (Golkar), Baniu (NasDem), Ld Hadia (Gerindra), M Yumardin H (PDIP), Masri (PAN), Alianti (PKB), dan Ld Yasin (Hanura).

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024