Kolaka (ANTARA) - Kepolisian Resor Kolaka, Sulawesi Tenggara, menggelar apel siaga pencegahan kebakaran hutan dan lahan dil apangan 19 November,, Kamis.

Bupati Kolaka Ahmad Safei elaku inspektur upacara menyampaikan amanat penting Gubernur Sultra Ali Mazi yang mengimbau semua pemangku kepentingan agar mencegah dan mengantisipasi akan bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu,  lanjut Safei mengutip pernyataan Gubernur bahwa informasi dari BMKG Sultra curah hujan di wilayah itu antara Agustus hingga Oktober cenderung menurun dan masuk kategori rendah dan sifat hujan di bawah normal.

" Kondisi ini bisa memicu terbakarnya daun kering serta alang-alang dan semak belukar akibat kekeringan," kata Safei mengutip pernyataan Gubernur Sultra Ali Mazi.

Untuk itu lanjut Safei dalam tiga bulan ke depan harus waspada dan siaga serta bekerja keras dalam melaksanakan tugas pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

" Utamanya adalah kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Adapun peserta pada Apel Kesiapan itu yakni  Kodim 1412,Sat Sabhara, Bhabin Kamtibmas, Satpol PP, Gabungan Damkar dan Dishub, Basarnas,, Securty Kartika dan anggota Pramuka.



 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024