Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar festival pangan lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) guna mempromosikan kuliner lokal di daerah itu bertempat di Kendari, Kamis.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Dinas Pangan Kendari dan TP PKK Kendari, dibuka oleh Asisten III Setda Kendari, Agus Salim, dan diikuti perwakilan dari 11 kecamatan se Kota Kendari.

Agus Salim mengatakan, hasil yang ingin dicapai dari perlombaan ini adalah untuk mempromosikan kuliner atau makanan khas Kota Kendari sekaligus menjadi sarana untuk memasarkannya.

"Kami berharap, melalui lomba ini dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dalam membuat olahan pangan yang menarik, cita rasa tinggi, dan bernilai gizi, tetapi nilai komersialnya juga menjadi perhatian, sehingga ada nilai ekonomi yang diperoleh," katanya. 

Menurut Agus, Pemerintah Kendari bersama elemen terkait gencar meningkatkan promosi pangan lokal kepada seluruh masyarakat di daerah itu.

"Salah satu caranya adalah bekerja sama dengan rumah makan, restoran dan perhotelan agar menyiapkan menu pangan lokal dalam daftar menu mereka," katanya.

Untuk mendapatkan penilaian yang sempurna dari para Juri, peserta lomba harus menyajikan kreasi olahan pangan lokal khas Kota Kendari yang lezat, bergizi dan memiliki tampilan yang menarik, serta yang paling penting memiliki nilai jual.

Pemenang lomba diumumkan diakhir kegiatan, yang mana perlombaan dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori Paket Lunchbox B2SA yang dimenangkan oleh Kecamatan Wua-Wua dan kategori Produk Olahan Pangan Lokal Komersial yang dimenangkan oleh Kecamatan Kendari.


 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024