Kendari (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas mengatakan, hari lahir Pancasila merupakan momentum membangun kebersamaan untuk menyongsong kehidupan bangsa dan negara ke arah yang lebih baik, saat memimpin upacara hari lahir Pancasila di kantor Gubernur Sultra, Sabtu, (1/6/19).

Wagub Sultra Lukman Abunawas, dalam sambutannya mengatakan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan karena keberagaman kondisi geografis, flora, dan fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

"Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, jadi pancasila merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia," kata Lukman Abunawas.

Ia juga menyampaikan, berkat Pancasila yang berkeadilan dengan nilai nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong dan keberagaman yang ada.

"Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Lukman Abunawas mengingatkan Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: ASN Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

"Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh rakyat Indonesia," harapnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024