Kendari (ANTARA) - Badan Sar Nasional Basarnas Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai siaga khusus lebaran 1440 Hijriah 2019 Masehi di seluruh titik titik pantau atau siaga yang ada di Sultra.

"Hari ini kami baru menggelar apel gelar pasukan dan menggelar peralatan yang mana peralatan pasukan ini akan kita gunakan dalam rangka menghadapi siaga lebaran," kata Kepala Basarnas Kendari, Junaedi, usai apel siaga su kantor Basarnas Kendari, Senin.

Dikatakan, siaga lebaran tujuannya adalah terciptanya suatu keadaan yang nyaman kemudian terciptanya suatu pencarian dan pertolongan yang cepat, tepat, handal dan nyaman yang akan diberikan kepada masyarakat dan membantu kepada pihak-pihak yang berkompeten.

"Basarnas melibatkan seluruh kemampuan dalam kegiatan mudik lebaran dan arus balik dengan membantu pihak terkait di dalamnya seperti yang di Polri kemudian Perhubungan dan instansi yang terkait di dalamnya," katanya.

Kepala Basarnas Kendari, Junaedi, saat memeriksa kelengkapan sarana atau kendaraan yang akan digunakan selama kegiatan siaga khusus lebaran pada apel siaga lebaran di Kantor Basarnas Kendari, Senin. (Foto ANTARA/Suparman)

Dikatakan, seluruh peralatan disiagakan dan kondisi cukup lengkap sekali, kemudian personil yang dilibatkan sebanyak 119 orang.

"Kita sudah akan disiagakan di mana beberapa titik kabupaten-kabupaten yang telah memiliki Pos Sar seperti Wakatobi, Kolaka, kemudian Sorowako yang merupakan salah satu pos kita yang berada di Sulawesi Selatan, kemudian di Baubau semua ini kita sudah komplit," katanya.

Intinya kata Junaedi, apa yabg dilakukan basarnas bersama pihak terkait itu untuk memberikan rasa nyaman Kepada seluruh masyarakat yang akan melaksanakan ritual Idul Fitri.

"Titik fokus yang untuk siaga lebaran ini untuk di kota Kendari ini yang khususkan di pelabuhan kemudian bandara yang kemudian titik-titik tempat pariwisata yang sewaktu-waktu saudara-saudara kita yang habis selesai lebaran itu akan otomatis atau melaksanakan liburan di tempat pariwisata," katanya.

Disebutkan, pelaksanaan siaga lebaran ini kita laksanakan pada tanggal 28 Mei sampai tanggal 13 Juni 28 Mei sampai 13 Juni 2019.

Apel siaga khusus lebaran tersebut berlangsung di bawah guyuran hujan, sehingga peserta apel siaga termasuk pembina upacara kepala Basarnas Kendari basah kuyup.

Usai apel siaga lebaran, dilanjutkan dengan konvoi kendaraan peralatan milik  Basarnas yang disiagakan selama kegiatan pengamanan mudik berlangsung.


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024