Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, meminta Tim Penggera PKK Sultra agar ikut membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Tim Penggerak PKK ini menjadi mitra kerja pemerintah yang tergambar dalam peranannya dalam 10 program PKK melalui masing-masing pokja. Peran itu selama ini sudah baik dan banyak berikan kontribusi nyata," kata Ali Mazi, saat mengukuhkan kepengurusan TP PKK Sultra Periode 2018-2023 di Rujab Gubernur Sultra, Selasa.

TP-PKK Sultra juga diharapkan agar bersama-sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten/kota semakin mempererat harmonisasi dengan menjalin kerjasama, menyamakan persepsi serta misi dalam mewujudkan 10 Program Pokok PKK, sehingga dapat memberi kontribusi dalam melakukan perubahan kepada masyarakat ke arah yang lebih baik.

"Gerakan PKK sebagai mitra pemerintah selama ini telah cukup banyak berbuat dan diakui peran serta keberhasilannya dalam mendukung proses pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Oleh karena itu, Pemerintah berkewajiban untuk mendorong Gerakan PKK agar dapat terus tumbuh dan berkembang serta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya," ujarnya. 

Ia berharap, TP PKK Sultra untuk terus meningkatkan perannya melalui berbagai kegiatan berdaya guna yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan keluarga.

"Saya ingatkan bahwa ada masalah sosial serius dan memprihatinkan saat ini yakni meningkatnya kejahatan seksual, tidak hanya wanita dewasa tetapi juga anak-anak menjadi korbannya. Ini semua butuh waktu panjang untuk pulihkan mentalnya para korban," katanya.

Untuk itu kata dia, permasalahan sosial tersebut perlu penanganan serius dan dilakukan secara bersama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

"Keluarga punya peran penting sebagai benteng utama dan pertama bagi keluarga. Dengan demikian saya berharap PKK Sultra dapat berperan dalam membangun keluarga melalui kolaborasi kerja dengan instansi terkait," katanya.



 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024