Baubau (ANTARA) - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas 1 Baubau, Sulawesi Tenggara, gencar mempromosikan potensi wisata kepelabuhanan ke internasional sebagai upaya menarik wisatawan manca negara masuk ke daerah itu.

"Kalau dari sisi transportasi lautnya kami sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mempromosikan pelabuhan dan fasilitas yang ada seperti dermaga dan alur keluar masuk kapal di pelabuhan," ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor UPP Kelas 1 Baubau, Moh Qowi, di Baubau, Selasa.

Sehingga, atas upaya itu, kata dia, satu unit kapal asing asal Amerika yang memuat sekitar 100 orang wisatawan tertarik akan datang dan  sandar di Pelabuhan Murhum Baubau pada Senin (6/5).

"Makanya kita pada Jumat (3/5) ini rencana akan rapat terkait kedatangan kapal itu," ujarnya.

Untuk lebih menarik wisatawan berkunjung ke daerah yang memiliki sejarah benteng terluas di dunia itu, kata dia, pemerintah daerah juga diharapkan dukungannya untuk lebih giat mempromosikan objek wisata yang ada, sehingga ketika kapal asing masuk bisa langsung berkunjung ke objek-objek wisata itu.

"Saya lihat kondisi masyarakat juga kurang mengeksplore objek wisata di dunia maya, padahal melalui facebook dan instagram atau media lainnya diharapkan dapat menarik wisatawan," katanya.

Padahal, menurut dia, dengan hadirnya wisatawan berkunjung ke daerah  dapat memberi efek dalam peningkatan pendapatan masyarakat dari segi ekonomi.

"Saya kira kalau wisatawan datang otomatis akan belanja, makan dan lain sebagainya, sehingga itu bisa menambah pendapatan masyarakat," ujarnya.

Menurutnya pula, apabila dalam setahun ada satu atau dua kapal asing masuk ke Baubau, maka pihaknya juga akan bisa meningkatkan pelayanan pengamanan pelabuhan.***1***

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024