Baubau (ANTARA) - Wakil Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, La Ode Ahmad Monianse menilai perbedaan pilihan dalam sebuah pesta demokrasi adalah hal yang wajar karena merupakan dinamika dalam setiap pemilihan.

"Kita harus saling menghormati pilihan masing-masing, jangan dipertajam perbedaan itu, karena namanya demokrasi beda pilihan adalah hal yang wajar," ujar Monianse, saat meninjau pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU), di Baubau, Sabtu.

Bahkan, dia berharap, apapun hasil dari pesta demokrasi yang akan diumumkan oleh penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya harus dapat diterima dengan lapang dada.

"Kita imbau untuk bersabar menunggu hasil pemungutan suara ulang ini hingga tuntas dan pleno pada tingkatan terakhir di KPU," ujar Monianse yang juga Ketua DPC PDI-Perjuangan Baubau ini.

Dia juga mengapresiasi pelaksanaan PSU pada sejumlah Tempat Pemungutan suara (TPS) di daearah itu berjalan lancar, walaupun sebenarnya ia mengimbau kepada Panwas untuk lebih bijaksana dalam menentukan sebuah TPS dilakukan PSU atau tidak.

"Sebenarnya (PSU) ini satu sisi kita apresiasi bahwa ada niatan dari penyelenggara untuk meminimalisir persoalan," katanya.

Dia juga berharap, pelaksanaan PSU hingga tahapan pada pleno-pleno selanjutnya tidak ada lagi persoalan. Hal yang dianggap kesalahan prosedur tidak lagi menjadi perdebatan.

Pemantauan Antara, pada TPS 02, TPS 05 Kelurahan Waruruma, dan TPS 05 Kelurahan Kadolomoko Kecamatan Kokalukuna antusias pemilih yang datang menggunakan hak suaranya begitu tinggi. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pun begitu apik dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, petugas keamanan baik Pam TPS dan aparat kepolisian tetap bersiaga di setiap TPS untuk menjaga dan memastikan pelaksanaan PSU berjalan aman dan lancar.

Berikut TPS dan jenis pemilihan pada PSU di Kota Baubau:

TPS 18 Bonebone untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP), TPS 02 Wajo jenis pemilihan PPWP, DPR, DPD.

Kemudian, TPS 04 Kaobula jenis pemilihan PPWP, DPR, DPD, DPRD Provinsi, TPS 08 dan TPS 10 Lamangga semua jenis pemilihan.

Selanjutnya, TPS 01 Batulo dan TPS 18 BWI jenis pemilihan PPWP, TPS 03 Kadolokatapi jenis pemilihan PPWP, DPR, DPD, DPRD Provinsi, TPS 03 Kadolomoko jenis pemilihan PPWP,DPR, DPD.

TPS 02 Tomba, TPS 05 Kadolomoko, TPS 02 Waruruma, TPS 05 Waruruma, TPS 08 Sukanayo dan TPS 04 Bugi semua jenis pemilihan.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024