Kendari (ANTARA) - Suasana sumringah terpancar dari wajah warga yang sejak pagi mengantre di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing untuk menyalurkan hak pilih.

Informasi yang dihimpun, Rabu, menyebutkan animo warga untuk menyalurkan suara tercermin dari kedatangan mereka di TPS sebelum panitia pemungutan suara memulai pencoblosan.

"Saya sengaja datang lebih awal di TPS karena ingin menyalurkan aspirasi pada kesempatan pertama. Setelah memilih ingin berkeliling TPS untuk memantau situasi di TPS lain," kata Masni (47).

Personel kepolisian dan TNI berkeliling memantau pelaksanaan pemungutan suara di TPS yang telah ditugaskan untuk memastikan prosesi pencoblasan berjalan lancar dan aman.

Kapolsek Poasia Kompol Arfah mengatakan prosesi pemungutan suara pada 195 TPS di wilayahnya berjalan sesuai jadwal dalam keadaan kondusif.

"Pemilu adalah pesta rakyat maka semua pihak diharapkan menjalankan tanggungjawab sesuai yang diberikan, sehingga terwujud Pemilu damai," kata Kapolsek Arfah. 

Panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara TPS 07 Kelurahan Rahandouna, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara Jasmin mengatakan suara undangan memilih sudah disalurkan kepada 257 pemilih. 

"Pemilih diimbau menyalurkan hak pilih untuk menentukan pemimpin bangsa dan wakil di parlemen dengan menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas dan rahasia," kata Jasmin. 
 

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024