Kendari (ANTARA) - Tim Rescue Basarnas berhasil menemukan seorang pencari rotan Muhtar (80) yang sempat hilang satu malam karena tersesat di hutan Desa Pehanggo Kecamatan Uluiwoi, Kabupaten Kolaka Timur sejak Selasa (9/4).

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, Rabu, mengatakan pada pukul 11.15 wita Tim rescie Pos Sar Kolaka tiba di tempat kejadian musibah dan langsung melakukan pencarian bersama warga yang sudah lebih dulu dilokasi Hutan Desa Penanggo.

"Dan pada pukul 18.25 wita tim sar gabungan yang terdiri dari anggota Polres Kolaka 3 orang, pemerintah setempat 3 orang, Babinsa Mowewe 1 orang dan masyarakat setempat sebanyak 113 orang yang tersebar untuk mencari berhasil menemukan korban.

"Korban ditemukan dalam keadaan lemas sekitar kurang lebih 1 kilometer dari kebun korban," katanya.

Korban ditemukan dalam keadaan berusaha untuk mencari jalan pulang setelah semalaman diketahui hilang karena terpisah dari kelompoknya yang masuk ke hutan untuk mencari rotan akibat hujan deras pada saat siang kemarin.

"Dan saat ini korban Muhtar telah diserahkan kepada pihak keluarga.
 
Dengan ditemukannya korban tersebut, operasi sar terhadap satu orang yang dilaporkan hilang tersebut dinyatakan selesai dan ditutup.

Sebelumnya, Basarnas Kendari menerima info pada Rabu pukul 10.36 wita dari Aswit yang merupakan menantu korban yang melaporkan bahwa Muhtar seorang purnawirawan TNI berangkat ke kebun di Desa Penanggo Kecamatan Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur pada tanggal 9 April kemarin pagi dan biasanya korban sore hari sudah kembali.

Hingga laporan itu korban belum kembali dan masih dalam pencarian pihak keluarga. Kemudian pada pukul 10.40 wita satu tim rescue pos Sar Kolaka diberangkatkan menuju TKM dengan menggunakan rescue car membawa perlengkapan rescue untuk memberikan bantuan SAR. Jarak antara pos Sar Kolaka dgn TKM 38 KM, di lokasi tidak terdapat signal GSM. 



 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024