Kendari (ANTARA) - Tim Facebook (FB) akan mengadakan pelatihan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), personel humas pemerintah provinsi, kabupaten, kota, pegiat kemasyarakatan  serta pelajar di Provinsi Sulawesi Tenggara yang akan berlangsung pada 26-27 Maret 2019.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra, Kusnadi di Kendari, Rabu, mengatakan tujuan pelatihan ini untuk memberikan pelatihan pemasaran digital untuk pelaku UKM, peningkatan kapasitas literasi digital untuk komunitas pengguna dunia maya, pelatihan pengelola akun media sosial untuk pemda serta edukasi penggunaan media sosial (medsos) untuk tingkat pelajar.

"Sebelumnya ada 15 kota di Indonesia yang bakal dikunjungi oleh Tim Facebook pada tahun 2019 ini termasuk di Sultra. 2018 lalu telah dilaksanakan pelatihan oleh FB di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Makassar, Kupang, Manokwari dan beberapa kota lainnya," kata Kusnadi.

Menurut mantan Ketua PWI Sultra itu, Facebook akan memberikan pemahaman tentang panduan FB dalam pemberitaan serta pelatihan langsung. Targetnya, agar pengguna medsos menggunakan medsos dengan cara yang produktif dan mengetahui tujuan kinerja pemerintah.

"Contoh konkret penggunaan medsos, memahami fitur penggunaan Facebook dan Instagram dan pendukung program prioritas pemerintah tentang publik relation termasuk hoaks," bebernya.

Pelatihan ini, kata Kusnadi, ditargetkan diikuti sebanyak 550 peserta, di antaranya 250 orang pelaku UKM, staf humas 100 orang, penggiat kemasyarakatan 100 orang serta pelajar 100-200 orang.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024