Kendari (ANTARANews Sultra) - Sebanyak 650 hektare tamanan jagung di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi tenggara (Sultra) siap dipanen di minggu ke empat Februari 2019.

Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah, di Kolaka Timur, Rabu menjelaskan dari target 16 ribu hektare lahan tanaman jagung untuk seluruh Kecamatan di Koltim, terdapat 13 ribu hektar Calon Petani Calon Lahan (CPCL) yang telah ditanami dan telah menghasilkan.

Ddari jumlah CPCL itu pada pertengahan Februari tahun ini terdapat 650 hektare hamparan tanaman jagung di Kecamatan Loea yang siap di panen.

"Jadi sudah ada 13 ribu hektare CPCL yang telah di tanami dan telah menghasilkan di seluruh kecamatan dan diperkirakan pada Februari ini terdapat 650 hektare hamparan tanaman jagung di kecamatan Loea yang siap dipanen," tutur Tony.

Menurut Tony Herbiansyah rencananya panen jagung 650 hektare tersebut pemerintah kabupaten Kolaka Timur akan mengundang Gubernur Sultra untuk bersama-sama melakukan panen jagung.

"Kami berencana pada kegiatan panen nanti kita akan mengundang Gubernur Sultra untuk bersama?sama melakukan panen jagung yang ada di Kecamatan Loea tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah mengatakan, hasil panen jagung kuning yang akan dilakukan nanti di perkirakan dapat menghasilkan empat ton per hektarrnya.

Jenis jagung yang akan dipanen tersebut merupakan jenis jagung Industri yang juga bisa dipergunakan untuk pakan ternak.

Sedangkan untuk pemasarannya kata Tony, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan pihak Bulog untuk bisa menampung hasil panen jagung yang ada.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024